BBM Blackberry Nyangkut di Menyetel BBM

BBM Blackberry Nyangkut Di "Menyetel BBM"

Minibong - Saya beberapa hari ini beralih dari Android ke Blackberry, di karenakan Android saya sudah tidak mampu lagi (kebetulan teman saya nawarin BB seceond hehe). Tipenya Blackberry Curve 9220. Setelah menggunakannya tidak terdapat masalah apa-apa, Sampai setelah menggunakan wifi, dan membuka BBM, tidak terjadi respon apa-apa. Padahal untuk menggunakan facebook, mendaftar ID baru Blackberry dan mendownload Aplikasi dari AppWorld semuanya lancar-lancar saja.

Ketika mengundang kontak BBM, hanya bertuliskan "Menunggu konfirmasi". Ketika menyuruh teman saya untuk mengundang saya pun, undangannya tidak masuk ke BBM saya. Akhirnya saya Upgrade versinya dari versi 7 ke versi 8. Tapi malah ketika telah di upgrade dan membuka BBM, BBMnya hanya nyangkut dan bertuliskan "Menyetel BBM". Kejadian ini berlangsung cukup lama dan memakan waktu berjam-jam. Saya pun bingung, padahal kecepatan wifi yang saya gunakan lebih dari kata cepat, karena untuk membuka Facebook dan lainnya sangat lancar.

Karena bingung harus bagaimana, saya downgrade lagi versi bbm saya dari versi 8 ke versi 7. Lalu membuka BBM dan hal yang sama justru terjadi, BBM nyangkut di "Menyetel BBM". Bingung bukan kepalang, padahal ketika membeli, BBM saya itu versi 7, tapi sekarang malah enggak bisa kebuka sama sekali. Saya berpikir keras dan berusaha memperbaiki keadaan ini, lalu saya downgrade lagi ke versi 6, kemudian upgrade lagi versi 7, downgrade lagi versi 6, terus ke versi 7. Tapi tidak menghasilkan apa-apa.

Kemudian saya banyak membaca forum-forum bantuan dan mencari kesimpulan, seperti:

1. BBM versi 6 setelah di download dan di buka tidak ada tulisan "Menyetel BBM", karena proses back-up restore (berupa Kontak dan Grup)  BBM versi 6 di lakukan secara manual.

2. Sedangkan BBM versi 7 ke atas, terdapat halaman login BBID dan Menyetel BBM, karena proses back-up restore BBM versi 7 di lakukan otomatis melalui server BBID.

Jadi inti sebenarnya dari memperbaiki BBM yang stuck atau nyangkut di "Menyetel BBM", adalah sebagai berikut. Di simak ya:

1. Tidak terdapat masalah sebenarnya dengan versi BBM anda di Blackberry, mau itu versi 6, 7 atau 8. Karena saya sendiri menggunakan versi 7.

2. Belilah paket BIS (Blackberry Internet Service), karena BBM itu adalah milik RIM, dan tersambung dengan jaringan RIM. Ketika anda ingin menggunakan fitur-fitur dari BBM anda harus tersambung dengan jaringan tersebut. Setelah anda membeli paket BIS, anda sendiri akan menerima pesan dari Blackberry yang menyebutkan bahwa anda telah terdaftar di jaringan Blackberry.

Percaya sama saya, BBM harus menggunakan BIS, kalau hanya menggunakan wifi tidak akan bisa terbuka. Kalaupun ingin menggunakan wifi harus berbarengan menyalakan koneksi data anda. Itu hanya berlaku untuk BBM. Kalau facebook dll. Semuanya bisa menggunakan wifi, tapi dengan syarat harus menyalakan koneksi data.
Buka Opsi dan Status > Jaringan dan Koneksi > Layanan Data = On > Saat Jelajah = On.

3. Dengan cara di atas saya jamin BBM anda akan kembali normal dalam beberapa detik saja. Tidak perlu menunggu berjam-jam lagi. Carilah paketan BIS dari operator yang plaing murah menurut anda. Kalau bingung bisa cari di blog-blog yang ada di google.

4. Jika anda masih mengalami masalah nyangkut di menyetel BBM, silahkan anda Install ulang BBM anda.

5. Jagalah selalu BBID anda, itu adalah aset sebenarnya dari Blackberry.

Salam saya dan terima kasih telah membaca, untuk pertanyaan silahkan komentar.

Postingan terkait: